Dari tahun lalu, mesin cuci piring untuk 6 orang terus diluncurkan... Tahun ini ditingkatkan dengan desain yang lebih ramping serta fungsinya.

Mesin cuci piring untuk 6 orang menjadi populer. (Foto oleh masing-masing perusahaan)

[Consumerwide - Reporter Rendy] Mesin cuci piring untuk 6 orang menjadi populer. Produk ini ditujukan untuk keluarga dengan 1-2 anggota yang tidak memiliki banyak piring, atau rumah dengan dapur kecil. Ada cukup banyak keluarga yang ragu-ragu untuk membeli mesin cuci piring karena ukuran dapur yang kecil sementara yang beredar di pasaran hanya mesin cuci piring ukuran besar (untuk 12 orang). Berkaca pada tren ini, perusahaan peralatan rumah mulai bersaing dengan meluncurkan mesin cuci piring untuk 6 orang.

Pada 2 Oktober lalu, menurut industri, peluncuran mesin cuci piring untuk 6 orang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan peralatan rumah. LG Electronics telah meluncurkan produk terbarunya. Ini adalah LG-Dios-objet-collection untuk mesin cuci piring 6 orang, yang dapat dipasang di dapur berukuran kecil pada tanggal 1 lalu. Produk ini menitikberatkan pada keseimbangan interior melalui penerapan warna dan desain objet-collection pada produk yang kompak. Tidak hanya desain yang menarik, tetapi juga dilengkapi dengan kapasitas cuci dan kinerja pengeringan yang kuat. Sayap pencuci ganda di bagian bawah, dan 34 aliran air bertekanan tinggi, yang menyemprot dalam 3 lapisan mencuci setiap sudut piring sampai sisi belakang. Kelembaban internal dikeluarkan melalui ventilasi atas sementara angin panas digunakan untuk mengeringkan piring sepenuhnya dari kelembaban. Mesin ini memiliki kinerja higienitas yang luar biasa dan berbagai fungsi yang memanjakan konsumen. Ketika Anda menerapkan metode sterilisasi suhu tinggi, ini membasmi staphylococcus aureus, bacillus cereus, bacillus pyocyaneus hingga 99,999%. Mesin ini memiliki rak bersusun dua dan dapat dilepas, yang memungkinkan mesin cuci untuk mencuci berbagai ukuran piring dan peralatan memasak, seperti panci besar dan penggorengan, dengan memisahkan rak atas.

Sementara itu, Samsung Electronics telah meluncurkan mesin cuci piring Bespoke untuk 6 orang yang menargetkan keluarga 1 anggota dan pengantin baru, pada Agustus 2021. Produk ini dapat dipasang bahkan di dapur yang kecil. Mesin yang terlihat kompak ini memiliki ruang yang cukup untuk menampung 4 set mangkuk sup, mangkuk nasi, cangkir, sendok, sumpit, serta panci dan peralatan masak. Keranjang bagian dalam sedalam ukuran maksimum Korea (standar kapasitas yang sama), 452mm, yang ukurannya dapat memuat panci berdiameter 260mm dengan mudah, dan ketika dalam posisi terbujur, mampu mencuci panci yang lebih besar. Maksimal 6 piring besar dan 3 gelas anggur dapat dicuci sekaligus, sehingga tidak perlu khawatir untuk mencuci saat pesta di rumah. Mesin cuci piring Bispoke memiliki daya cuci yang kuat dan fungsi sterilisasi. Sayap lebar 425mm panjang di bagian bawah dan sayap pembersih booster berputar bersama membuat “dimensi aliran air ganda” dengan sistem pencucian ganda yang mengalirkan arus kuat pada sisi depan dan belakang piring 100 kali per menit, sehingga mampu membersihkan setiap sudut piring. Sistem air langsung pada suhu tinggi 75°C menghilangkan minyak beku dan bakteri. Anda dapat menghilangkan bakteri berbahaya seperti basil usus besar hingga 99,999% dengan mengaktifkan sterilisasi tabung atau memilih opsi sterilisasi suhu tinggi secara reguler. Setelah dicuci, sistem bukaan pintu otomatis diterapkan agar sisa air tidak menimbulkan bau atau berkembangnya bakteri.

Winia juga telah meluncurkan mesin cuci piring untuk 6 orang pada November 2021. Produk ini mudah dipasang dan digunakan di sisi atas tempat cuci piring. Mode pencucian cerdas secara otomatis menganalisis tingkat polusi mesin cuci piring dan mengontrol suhu air dan waktu pencucian yang optimal. Jika tingkat polusi peralatan makan rendah, Anda dapat menghemat air dengan meminimalkan waktu pencucian. Aliran air yang dihasilkan pompa air, melalui nosel pencuci bertekanan tinggi sepanjang 43cm yang berputar 360 derajat mencuci sisa makanan dari piring. Melalui fungsi cuci dan sterilisasi suhu tinggi 75°C secara efektif melepaskan minyak dan residu sambil membantu menghilangkan basil usus besar, staphylococcus aureus, dan bakteri salmonella. Termasuk mode otomatis, dan mode kuat, Anda memiliki 6 opsi untuk mode pencucian.

Dengan meluncurkan mesin pencuci piring untuk 6 orang tahun lalu, Cuckoo Electronics telah memasuki ajang kompetisi. Pada Februari 2022, Cuckoo Electronics meluncurkan mesin cuci piring Premium untuk 6 orang. Mesin cuci piring ini memiliki fungsi tambahan seperti UV triple dry, ventilasi dan bukaan pintu otomatis, yang dapat mengeringkan banyak piring dengan cepat tanpa meninggalkan sisa air di permukaan piring dengan memaksimalkan kinerja pengering dengan angin yang berasal dari kipas angin. Setelah proses pengeringan, pintu otomatis terbuka. Pada saat yang sama, kelembaban internal hilang dan sisa bau dihilangkan. Juga dilengkapi dengan fungsi pengeringan dan sterilisasi. Mode pecucian otomatis dan fungsi bilas otomatis mengurangi kerepotan serta meningkatkan kenyamanan. 

SK Magic telah meluncurkan mesin cuci piring super slim countertop untuk 6 orang pada April 2022, dan mengikuti kompetisi di pasar mesin cuci piring untuk 6 orang. Luncuran baru ini berukuran super tipis, bahkan 30% lebih kecil dari produk sebelumnya. Jadi dimungkinkan untuk memasang di hunian satu ruangan atau hunian yang memiliki dapur kecil, yang akan membantu memanfaatkan ruang dapur secara lebih efisien. Ukurannya telah dikurangi, tetapi volume internal memiliki kapasitas maksimum dibandingkan dengan model standar yang sama. Ini adalah struktur terpisah rak 2 tingkat. Maksimal 6 peralatan makan bisa dicuci sekaligus. Selain itu, panci kaldu dan panci besar(24Ho), penggorengan(28Ho) dapat dicuci dengan mudah. Air pencuci suhu tinggi (27 penyemprot air) dari 3 sisi menyemprot kuat ke bagian dalam piring, dan ini mensterilkan virus dan bakteri penyebab keracunan makanan hingga 99,999%. Bolongan pasokan air tidak lebih dari 10mm, ukuran yang sama dengan mesin dispenser air, yang mungkin akan membuat pemasangan lebih mudah tanpa banyak merugikan dapur, baik dalam kasus pindah tempat tinggal atau sekedar mengubah posisi.

Sehubungan dengan ini, industri mengatakan, "Untuk keluarga dengan 1~2 anggota atau dapur kecil, model lama yang dirancang untuk 12 orang adalah opsi yang tidak mudah, bahkan jika mereka menginginkan mesin cuci piring. Untuk alasan ini, baru-baru ini industri peralatan rumah tangga meluncurkan mesin cuci piring untuk 6 orang yang dirancang untuk keluarga yang tidak memiliki banyak piring untuk dicuci, seperti keluarga dengan 1 anggota, pengantin baru, dan keluarga usia perak. Saya menduga sebagian besar perusahaan peralatan rumah telah meluncurkan produknya. Kompetisi sebenarnya telah dimulai.“

 

저작권자 © 컨슈머와이드 무단전재 및 재배포 금지